Rabu, 15 Oktober 2014

TIPS HEMAT LISTRIK RP. 78.000 Sebulan! update 4+berita buruk dari PLN


 Pemerintah melalui Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012 telah menetapkan penyesuaian Tarif Tenaga Listrik 2013 yang akan dilaksanakan secara bertahap per tiga bulan, artinya ada empat kali penyesuaian tarif listrik selama tahun 2013.
Tarif Tenaga Listrik (TTL) 2013 berlaku mulai tanggal 1 Januari 2013. Dengan demikian pemakaian listrik per tanggal 1 Januari 2013 sudah menggunakan perhitungan tarif tenaga listrik yang baru menggantikan Tarif Tenaga Listrik 2010. Perubahan besaran tagihan akan dirasakan pada tagihan rekening Februari 2013 yang menagih pemakaian yang dicatat pada Januari 2013. Bagi pelanggan prabayar, pembelian token listrik isi ulang per 1 Januari 2013 sudah mengalami penyesuaian dengan Tarif Tenaga Listrik 2013.
Tidak semua pelanggan yang mengalami kenaikan tarif listrik. Pelanggan 450 VA dan 900 VA dari seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan Tarif Tenaga Listrik.

Hmmm... hari ini ane akan berbagi tips dan trik buat agan2 yang pengen menghemat pengeluaran bulanan untuk membayar tagihan PLN, walaupun dengan mengeluarkan uang untuk membeli peralatan hemat listik cukup mahal akan tetapi penghematan dan kualitas barang2 hemat listrik akan mengembalikan investasi agan untuk jangka panjang.
tips dan trik ane agak berbeda dari yang biasanya...mungkin lebih update aja dari pada ini namun masih bisa diterapkan....
ini tips dan trik ane...
Langkah I
Ganti TV agan....
lumahan mahal gan, LED 32 inch merk Samsung dengan terknologi LED terbaru seharga 2,9 jt namun pemakaian listrik cuman 55 watt, turunin brighness tentu akan lebih menurunkan komsumsi daya
tipi tabung 29 inch membutuhkan daya lebih dari 100w untuk beroperasi


Spoiler for update dari kaskuser:
atau sekalian buang TVnya gan, acara tipi sekarang ngak berkualitas, malahan ada tipi berbayar tiap bulan (nonton kok bayar?) atau seperti ane pakai DLna bisa sharing hdd kom ke TV nonton pilem HD

Langkah II
 gunakan lampu LED
harganya makin terjangkau gan....
> sedikit share pengalaman ane cari2 LED murah : yang ane perhatikan di kaskus (diskon LED philips) ane sangat tertarik, mau pesan cuman tekor di ongkir, pas jalan di pasar di kampung ane ternyata ada yang jual dengan diskon yang lebih murah, langsung beli 2 ,tes di rumah cuman hidup sebentar, dibalikin ke toko lampunya hidup, dites dirumah lagi pada 3 soket yang berbeda masi ngak hidup, tanya seller kaskus n dia bilang bahwa LED philis harus stabil 220 V trus ane cek tegangan rumah cuman 180v hiks maklum dikampung gan....
akhirnya ane tukar ke toko dengan LED hannocs dengan menjelaskan kondisi LED philips


pakai photocell gan, biar lampu pada saat gelap atau malam otomatis hidup dan lampu mati saat terang (hemat buat agan yang sering lupa mattin lampu, atau ninggalin rumah kosong agar tidak memancing maling dan kawan2

tips pemakaian LED...
1. karena mahal, ane beli LED pas lampu biasa ane rusak, jadi ngak terlalu membebani keuangan
2. gunakan LED pada tempat2 yang paling lama hidupnya, misalnya lampu luar rumah yang akan menyala sampai pagi tentu akan lebih hemat, awetnya akan lebih terasa
3. ada juga jual fitting lampu sensor gerak, pas agan masuk ruangan lampu otomatis akan hidup> cocok buat kamar mandi atau gudang (mahal gan n dikampung ane belum ada yang jual)

Langkah III
Buat yang punya komputer
ganti PSU yang bersertifikasi GOLD keatas, makin tinggi makin efisien, jangan beli merk abal2 seperti foto yang sebelah kiri ane, he

monitor hemat, 24 inch komsumsi daya 18w

monitor dengan sensor infra merah, akan mendeteksi keberadaan kita didepan minitor, minitor akan dim (seperti monitor laptop) dan mati kalau kita ngak duduk di depan monitor

speaker 3 waat USB power



Langkah IV
pakai timer digital
hmm...buat yang pake dispenser yang hidup 24 jam ane rekomendasikan pake alat ini
coba agan bayangkan dispenser yang hidup 24 jam panasin dan dinginin air dengan komsumsi daya 300 s/d 500w !
coba pakai timer digital dengan pengaturan begini gan
> ane seting hidup jam 5 pagi, buat kopi dan teh...sampai jam 8 malam buat susu anak
> jam 8 malam samapi jam 5 mati dispenser mati




Langkah V
pakai stavolt dan kapasitor





setelah ane ukur tegangan rumah pada saat malam cuman 180V, tentu ane butuh stavolt, dan kapasitor untuk mengurangi PCB jeglek atau jatuh pada saat tarikan pertama alat listrik seperti pompa air, mesin cuci, kulkas dlll
bukan buat hemat listrik gan, cuman untuk menjaga biar alat2 bekerja optimal dan panjang umur
Pas bangun rumah ane komplian sama ortu yang ngurus lisrik cuma dengan daya 900W, listrik sering jeglek...
dengan kondisi rumah 4 kamar tipi2, pompa air, kulkas, strika, mesin cuci, dispenser yang haram hidup bersamaan... hiks
ane sempat tertarik tambah daya kerena ada promo PLN dengan biaya gratis, tapi masi dilarang ortu....hmm...
ane selidik ternyata ortu ane ada benarnya juga, setelah baca berita kenaikan TDL tapi tidak untuk pelanggan 450w dan 900w ane bersyukur gan, lagian dengan kondisi daya pas2an ane dipaksa untuk berhemat kalo sebelumnya ane bayar listrik 100-120 ribuan, sodara ane lebih parah dengan kondisi rumah yang hampir sama bayar listrik sampai 400 ribuan (daya 1300w dan tidak disubsidi dan mengalami kenaikan)

gini gan teman kos ane yg kerja kantoran ngak punya sterika, karena dia punya metode lebih gokil buat hemat listrik seperti gambar dibawah

dia ngak perlu strika baju dinas karena dengan menjemur dengan hanger pakaian ngak bakalan kusut, kalopun di strika ngak butuh waktu lama merapikan baju tersebut
Spoiler for update dari kaskuser:
sekalian aja ngak punya strika, atau cari baju atau celana yang kalo dicuci ngak mudah kusut gan atau sekalian kalo dirumah ngak pakai baju xD

buat agan yg punya lampu taman atau mau pakai lampu taman pakai ini aja

ane rencana mau beli, harganya murah, lampu taman biasa ane tanya di toko di kampung 200 ribu, kalau pakai lampu taman tenaga surga agan tidak perlu tambah biaya listrik, dan instalasi lebih mudah dan murah, tinggal tancap di tanah, ngak perlu gali tanah dan tanam kabel listrik mahal dan bahaya di dalam tanah, minusnya agan perlu perawatan batrai yg gampang soak, tapi tidak perlu khawatir ane ada solusi lebih murah kok buat ganti baterai yang soak seperti lampu emergency dan lainnya, CEK THREAD ANE DIBAWAH!

 buat yang pakai pompa air ane sarankan pakai tandon air gan, dilengkapi dengan sensor ketinggian air tandon dan kran seleniod





pada pompa air tarikan awal akan memakai daya 2x dari daya yang tertera pada spek pompa, misalnya agan pakai pompa 100w logikanya pada saat start akan memakai daya sekira 200w dengan jeda kira2 1 detik, (agan bisa cek pada saat tarikan pertama dengan membuka kran sambil lihat meteran listrik, meteran akan berputar lebih cepat sesaat) hal itu juga yang menyebabkan voltase tidak stabil dan listrik jeglek apabila daya agan 450w pakai pompa 300w sudah dipastikan listrik agan akan jeglek pada saat pompa start apalagi kondisi agan seperti ini :
-agan buka kran kecil/sedikit > pompa akan hidup mati kerena pressure switch akan terus on/off
-agan nyuci tangan di kran sebentar
-dirumah bnyk orang, kos2n, anak2
maka agan wajib pakai alat2 di atas dengan cara kerja pompa akan mengisi air di tandon pada saat sensor apung tergantung (air sedikit) sensor bertindak sebagai saklar yang akan membuka kran selenoid, jika sensor mengapung keduanya (air penuh) maka dia akan off
keuntungannya:
-listrik hemat
-pompa sehat he
-saat mati lampu agan masi punya stok air setandon
-buat yang nyedot air PDAM buat stok, tidak pada bak mandi bisa jadi sarang nyamuk gan
kran selenoid ane beli barang2 bekas 20 ribu (bekas mesin cuci matik) kemarin ane lihat di toko spare part air galon ada yang jual, sensor air tandon juga di sana
skema:
-pompa>pipa ke tandon>kran selenoid
-kran selenoid punya 2 kabel untuk listrik 220v (apabila dialirin listrik kran akan terbuka) >sebagai saklar adalah sensor apung
-sensor apung bisa sesuaikan dengan memperpanjang atau memperpendek tali apung2
AC butuh daya lebih besar gan
Tips trik hemat AC
AC teknologi terbaru, (ane lihat iklan ada AC yang bisa deteksi kebocoran kompresor) dan ane banyak perhatikan AC sudah lebih sepuluh tahun atau beli AC sekond, tanpa memperhitungkan kebutuhan daya AC tersebut.
AC agan bocor, tidak dingin, trus agan tambah setingan di remote biar tambah dingin, alhasil pemakaian listrik besar (cek secara berkala kondisi AC agan mulai dari kompresor sampai filter yang sudah kotor dan tersumbat.
3.      Cek Voltase rumah agan pakai multi tester, karena AC butuh tegangan yang stabil untuk beroperasi, jika voltase naik turun AC tidak dingin (solusinya pakai stavolt)
 

Spoiler for multi tester:

4. Cek kondisi ruangan agan, apakah ada kebocoran, seperti pintu atau ventilasi yang terbuka, atau terkena paparan sinar matahari (kasi gorden atau kanopi)
5. Kalo agan pakai lampu pada ruangan tersebut agan pakai lampu LED, karena lampu biasa panas apalagi lampu pijar
6. Turunkan suhu 1 atau 2 derajat coba cek tagihan listrik gan
7. Buat rumah ane rasa Ventilasi yang bagus ngak perlu AC, soalnya udara bergerak, apalagi kalau kita punya plapon yang tinggi, soalnya tetangga ane modif rumah meninggikan atap dan plapon katanya supaya lebih adem

Ane cuma tau segitu gan...mungkin ada yang mau tambahin
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda